Dalam kehidupan sehari-sehari, transportasi menjadi bagian dalam hidup yang cukup penting. Dengan transportasi kita dapat bepergian ataupun mengirim barang kemanapun yang kita tuju. Untuk angkutan orang biasanya kita menggunakan mobil pribadi atau kendaraan umum sebagai alat transportasi sedangkan untuk angkutan barang biasanya kita menggunakan kendaraan logistik seperti truck ataupun mobil pickup.

Mobil angkutan orang dan angkutan barang memiliki perbedaan yang jelas, dari bentuknya, bahkan mesin yang digunakan. Untuk membawa barang yang berat, mesin truk didesain sebagai mesin yang handal dan juga tangguh untuk segala medan dan siap mengantarkan beragam kebutuhan logistik dengan cepat dan juga aman. Namun karena ketangguhannya tersebut, bukan berarti mesin truk tidak perlu dirawat dan juga diperhatikan untuk setiap bagian-bagian mesin yang ada.

Lalu seperti apa cara untuk merawat mobil serta mesin mobil truck agar selalu dalam kondisi yang prima? Yuk simak beberapa tips berikut ini!

1. Pastikan Tekanan Ban Sesuai

Sebelum melakukan perjalanan pastikan kondisi ban truk dalam keadaan yang baik dan memiliki tekanan angin yang sesuai. Secara rutin memonitor kondisi keseluruhan ban dan tekanan angin. Apabila ditemukan adanya bekas tertusuk benda dan melukai chasing ban wajib sesegera mungkin melakukan perbaikan untuk meminimalisir pecah ban dijalan.

2. Jangan Biarkan Tangki Solar Dalam Keadaan Kosong

Jika tangki solar selalu dibiarkan dalam keadaan kosong akan merusak mesin serta injeksi pada kendaraan, selain itu juga dapat memicu pengembunan yang bisa merusak seluruh komponen filter solar mobil truk. Oleh karena itu pastikan senantiasa mengisi solar secara penuh atau minimalnya 1/3 dari tangki.

3. Bersihkan Filter Udara Secara Berkala

Mesin truk memerlukan asupan udara pada bagian dalam mesinnya tersebut. Jika terdapat debu di dalam mesinnya, maka hal tersebut dapat mengganggu kinerja dan performa pada mesin itu sendiri. Maka dari itu perlu dibersihkan secara berkala agar mesin pada truk tetap awet dan bisa memberikan performa terbaik untuk penggunaannya.

4. Panaskan Mobil Sebelum Dijalankan

Sebelum memulai perjalanan, hal yang wajib dilakukan agar mesin kendaraan tetap awet adalah dengan memanaskan mesinnya. Panaskan kurang lebih 10 sampai dengan 20 menit agar mesin dapat bekerja secara optimal dan mesin mendapatkan pelumasan pada seluruh bagian mesin dikendaraan, sehingga mesin dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya gesekan pada kendaraan.

5. Bersihkan Box Kendaraan

Untuk perawatan yang satu ini tentunya perlu dilakukan agar barang-barang yang dimuat untuk diantarkan dapat terjaga kebersihan dan kualitasnya. Bersihkan sudut-sudut box pada truk dengan bersih dengan menggunakan sabun dan bahan-bahan pembersih lainnya agar kuman, noda maupun bakteri telah hilang di dalam box tersebut sebelum digunakan.

6. Ganti Oli Kendaraan Secara Rutin

Ganti oli secara rutin sangat penting dan sudah menjadi sebuah kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan. Fungsi dari oli itu sendiri adalah untuk mengurangi pergesekan yang ada di dalam mesin itu sendiri. Ganti oli pada armada truk yang Anda miliki kurang lebih setiap 5000 km beserta filter oli di dalamnya agar komponen ini bisa bekerja secara maksimal.

 

109 Views

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share yaa. Tq.

× Pesan Melalui WhatsApp
%d bloggers like this: