Wiraswasta atau Pengusaha.

wiraswasta-untuk-pemula

Menjadi seorang pengusaha merupakan impian bagi banyak orang, maka dari itu Teladan Trans akan berbagi tips memulai usaha baru untuk pemula. Dengan ini diharapkan para calon wiraswasta semakin mengetahui dasar-dasar untuk merintis usaha. Mari kita simak tips nya :

Bidang Usaha

Pastikan bidang usaha yang kamu ambil adalah bidang usaha yang kamu minati, karena jika sesuai dengan minat mu maka kamu akan lebih menikmati usaha yang akan kamu rintis. Karena tidak jarang ada pengusha yang jatuh karena bidang usaha yang dijalaninya tidak sesuai dengan kesukaannya, jadi dia tidak sepenuh hati untuk menjalankan bisnisnya. Maka dari itu ini merupakan pondasi yang harus kamu buat.

Peluang Bisnis

Pastikan usaha yang akan kamu rintis memiliki peluang di pasar perekonomian. Kamu bisa melakukan survey disini, bisa dengan cara survey konsumen dan pesaing. Dengan melihat peluang bisnis yang ada kamu bisa melihat prospek ke depannya. Jika tidk, bukalah peluang bisnis baru dimana memiliki ke unikan dan berbeda dari yang lain. Ini akan menjadi nilai plus untuk kamu.

Mempersiapkan Modal

Ini merupkan hal yang sangat penting dari seluruh aspek, kamu harus memiliki modal yang cukup untuk membuka usaha baru. Dengan modal yang cukup kamu bisa membuat anggaran usaha yang sesuai.

Membuat Anggaran Usaha

Terkadang orang-orang lupa untuk membuat anggaran usaha. Hal ini sangat penting, karena keuangan mu akan lebih terarah dan tidak terbuang percuma. Dengan melakukan survey harga terlebih dahulu, kamu bisa memilih keperluanmu sesuai dengan anggaran yang telah kamu buat. Pilihlah harga yang tidak terlalu mahal tapi sesuai dengan yang kamu butuhkan. Ini akan lebih mengefisiensikan keuanganmu.

Lokasi Usaha / Tempat

Lokasi Usaha merupakan tempat dimana berlangsungnya usaha. Tempat Usaha bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu. Jika kamu lebih sering bertransaksi lewat dunia maya seperti (online shop), maka tempat yang diperlukan tidak perlu tempat yang memiliki lokasi strategis, karena marketmu bukan bertemu dengan orang secara langsung.

Tapi jika marketmu atau transaksimu bertemu dengan orang langsung seperti (cafe, toko baju, grosir, catering) maka tempat yang strategis merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi.

Menyiapkan Peralatan Pendukung

Setelah kamu telah melakukan semua hal diatas, ini merupakan tahap akhir sebelum kamu membuka usaha. kamu harus menyiapkan dahulu peralatan yang diperlukan, sesuai dengan anggaran usaha yang telah kamu buat sebelumnya. Termasuk untuk masalah transportasi, jika kamu membuka usaha yang memerlukan mobil untuk pendistribusiannya kami sarankan untuk Sewa Mobil Box untuk kelancaran pendistribusian.

Kenapa? karena dengan ini kamu bisa menghemat dana yang ada, dan mengurangi anggaran yang telah kamu susun. Akan jauh lebih hemat jika kamu Sewa Mobil Box sesuai dengan kebutuhanmu.

Membuka Usaha

Setelah semuanya terlaksana, maka dengan ini kamu sudah siap untuk membuka usaha yang telah kamu rancang. Mungkin untuk beberapa waktu usahamu belum ramai, perlu menyesuaikan waktu. maka dari itu pilihlah strategi marketing untuk memperluas usahamu. Gunakan juga media sosial sebagai sarana promosi mu, karena hampir semua orang menggunakan media sosial untuk berinteraksi.

Evaluasi

Ini merupakan tahap akhir dari semuanya yang harus dilakukan secara berkala. Dengan mengevaluasi kamu bisa mengetahui dimana kekurangan yang perlu kamu tutup dan perbaiki. Lakukanlah secara teratur untuk memperbaiki kualitas kinerja yang sudah ada. Bukan hanya dari segi internal tapi buatlah evaluasi dari eksternal, seperti bertanya pendapat pelanggan setelah menggunakan jasa/barang mu.

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share yaa. Tq.

2Shares

Call Now

× Chat WhatsApp
%d bloggers like this: