Pindah rumah dari tempat tinggal lama ke rumah baru pastinya memang akan jadi hari yang dinanti-nanti. Namun semua orang tahu, yang namanya pindahan pasti akan merepotkan dan melelahkan. Bayangkan saja Anda harus mempersiapkan segala peralatan untuk mengemas barang-barang, membungkus perabotan pecah belah, mengangkat-angkat perabotan, belum lagi urusan transportasinya.

Ribet memang. Untuk mudahnya serahkan saja ke jasa pindahan profesional. Semuanya akan mereka urus mulai dari proses packing-loading-transportasi-unloading-hingga penataan kembali di rumah baru Anda. Bahasa gampangnya Anda tinggal lenggang kangkung saja.

Ya, kemudahan ini tentu saja ada biayanya. Dan sebagai patokan, simak estimasi hitung-hitungannya sebagai berikut:

1. Cara Menghitung Volume Barang

Sebagai langkah awal, buat list barang-barang yang akan dipindahkan kemudian lakukan estimasi berapa volume yang akan terpakai untuk memindahkan barang Anda. Cara paling mudah adalah menghitung volume setiap barang dengan menggunakan meteran.

Misalnya kursi makan dengan ukuran 50cm x 50cm x 90cm/1.000.000 = 0,225 m3. Jika ada 4 kursi maka totalnya menjadi 0,9 m3 (atau biasa disebut CBM). Setelah diketahui totalnya, baru Anda bisa memilih menggunakan armada pindahan apa saja.

“Pada Rajapindah.com pilihannya banyak mulai dari pickup (kapasitas sekitar 4 CBM), truck engkel (7 CBM), truck double engkel/CDD (12 CBM), atau Truck Tronton/Fuso (20 CBM),” ujar Leopold.

2. Estimasi Biaya

Jasa yang akan Anda terima meliputi packing-angkut ke truck-transportasi-menurunkan ke lokasi baru-unpacking-dan penataan kembali. Anda tinggal terima beres.

Berdasarkan simulasi di atas, jadi barang Anda adalah sekitar 17 m3 (rounded up 17 CBM). Dan jika diasumsikan menggunakan harga rate RajaPindah untuk area Jabotabek maka: Moving rate 17 CBM x Rp 250.000,- = Rp 4.250.000.

Harga tersebut di atas sudah termasuk dengan jasa tenaga kerja, material packing, kardus dipinjamkan, dan kendaraan truck fuso (untuk kapasitas 20 CBM). Dan bila Anda berencana mengirimkan barang keluar Jabotabek dan atau sebaliknya, maka akan ditambahkan biaya trucking antar kota tersebut.

“Dan biaya tambahan juga akan dikenakan apabila ada pekerjaan tambahan seperti bongkar pasang AC, pompa air, water heater, kitchen set, lampu gantung kristal, furniture jati, baby grand piano, dan lain sebagainya, karena barang-barang tersebut memerlukan teknik khusus dan berbeda dibandingkan memindahkan barang lainnya,” jelas Leopold.

 

Sumber : https://www.rumah.com/berita-properti/2017/5/151869/ini-estimasi-biaya-menggunakan-jasa-pindahan

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share yaa. Tq.

0Shares

Call Now

× Chat WhatsApp